Technology Blog

Ad

Jumat, 18 Mei 2012

Info Penyakit Tipes

           Pada postingan kali ini,ane mo ngeshare tentang penyakit tipes.cz baru-baru kamaren ane kena penyakit tipes,Kebanyakan orang bilang penyakit ini bakal lama sembuhnya sampe berminggu2 bahkan berbulan2. Dokter bilang ane kudu istirahat total cma tidur di kamar.Sekitar Seminggu ane gak skolah.Orang bilang pke obat cacing manjur,yaudah ane langsung minum obat cacing.Dari sini ane baru ngerasain betapa ga enaknya sakit,gak bisa inilah itulah and gak napsu makan,Lebih parahnya seminggu lagi ada turnamen volly antar SMA/SMK jadi gk bisa ikut.Betapa nyesal nya ane,ane cma bisa berdoa skolah ane bisa juara.Tapi untungnya alhamdulillah ane bisa sembuh seminggu,Jadi ane cuma gak ikut 2 pertandingan penyisihan,Di semi final and final ane bisa ngebela sekolah ane walaupun hanya dapat juara 3. oleh karena itu nikmat sehat itu harus benar2 di syukuri.
Nah kita langsung ke TKP gan. . .

Penyakit tipes adalah satu penyakit yang sudah tak asing lagi di masyarakat. Penderita penyakit tipes biasanya mengalami demam tetapi tidak disertai batuk dan pilek. Penyakit tipes (Thypus Abdominalis) merupakan penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan) dan septikemia (tidak menyerang usus).

Penyakit tipes tidak terlalu parah, namun sangat dapat menganggu aktifitas kita. Yang sangat dibutuhkan adalah istirahat total selama beberapa minggu bahkan bulan. Bagi orang yang sangat aktif, penyakit tipes sangatlah menderita.

Penyebab penyakit tipes

Penyebab sakit tipes tertular oleh karena menelan bakteri dalam makanan atau minum minuman yang terkontaminasi. Pasien dengan penyakit akut dapat mencemari pasokan air di sekitarnya melalui tinja yang mengandung konsentrasi tinggi dari bakteri.

Kuman tipus tertelan lewat makanan atau minuman tercemar. Bisa jadi sumbernya dari pembawa kuman tanpa ia sendiri sakit tipus. Kuman bersarang di usus halus, lalu menggerogoti dinding usus. Usus luka, dan sewaktu-waktu tukak tipus bisa jebol, dan usus jadi bolong.

Gejala penyakit tipes

Gejala penyakit tipes bervariasi antara individu-individu. Beberapa akan memiliki gejala penyakit tipes ringan, sementara yang lain bisa memiliki gejala penyakit tipes yang sangat serius, bahkan sampai menyebabkan kematian.

Gejala awal penyakit tipes :

Masa inkubasi penyakit tipes (saat pertama kali kuman ini masuk kemudian tidur sebentar untuk menyiapkan amunisi yang diperluan untuk menyerang tubuh kita), Masa penyakit tipes berlangsung 7-12 hari, walaupun pada umumnya penyakit tipes adalah 10-12 hari. Pada awal penyakit ini keluhan dan gejala penyakit tipes tidaklah khas, biasanya berupa:

   1. Anoreksia (‘ga nafsu makan, bukan karena makanannya g’ enak lho..)
   2. Rasa malas
   3. Sakit kepala bagian depan
   4. Nyeri otot
   5. Lidah kotor
   6. Gangguan perut (perut meragam dan sakit)

Pencegahan Penyakit tipes

Untuk mencegah agar seseorang terhindar dari penyakit penyakit tipes kini sudah ada Vaksin Penyakit tipes yang disuntikkan dan dapat melindungi seseorang dalam waktu 3 tahun. Mintalah Dokter anda memberikan imunisasi penyakit tipes tersebut. Daya tahan tubuh juga harus ditingkatkan ( gizi yang cukup, tidur cukup dan teratur, olah raga secara teratur 3-4 kali seminggu). Hindarilah makanan yang tidak bersih. Belilah makanan yang masih panas sehingga menjamin kebersihannya. Jangan banyak jajan makanan/minuman di luar rumah.

0 komentar:

Posting Komentar