Technology Blog

Ad

Jumat, 30 November 2012

Keajaiban Shalat Dhuha

Jujur saja saya belum rutin melaksanakannya, tapi sering merasakan manfaatnya. Percaya tidak percaya, bahkan baru selesai mengerjakan shalat dhuha, tiba-tiba ada rejeki datang, subhanallah. Sebenarnya bagi saya shalat sunah dhuha adalah ibadah yang paling mudah untuk saya lakukan, soalnya mau shalat tahajud dan puasa sunah masih susah (mewek).

 Sudah banyak sekali orang yang merasakan keajaiban dari shalat dhuha. Biasanya sih manfaatnya biasa disebut dengan pembuka rejeki. Ada yang dimudahkan diterima dalam pekerjaan, dilancarkan rejekinya, de el el. So tunggu apa lagi, segera lakukan dan jreng jreng jreng, maka Anda akan tersenyum-senyum manggut-manggut merasakan nikmatnya.



Beberapa pengusaha muda sukses tidak pernah lepas dari sholat dhuha. Beberapa diantaranya adalah Mas Mono pemilik ayam bakar Mas Mono, Rangga Umara pemilik Pecel Lele Lela, Saptuari pemilik Kedai Digital dan juga suksesor Sedekah Rombongan dan masih banyak pengusaha lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Hampir beberapa diantara mereka terinspirasi dari guru mereka masing-masing salah satu diantaranya yang cukup dikenal masyarakat adalah Ustadz Yusuf Mansyur.
Ustadz YM memang lekat dengan anjuran sedekah dan sholat dhuha. Berkat sholat dhuha banyak kejaiban yang YM dapatkan. Salah satunya adalah rezeki-rezeki yang selama ini dia dapatkan dari jalan-jalan yang tidak di duga sebelumnya.



Apa sih dan shalat yang bagaimana shalat dhuha itu?
Shalat dhuha adalah shalat yang dilakukan mulai dari matahari mulai terangkat naik kira-kira sepenggelah dan berakhir hingga sedikit menjelang masuknya waktu dhuhur. Sinar waktu dhuha merupakan pertanda dimulainya aktivitas kehidupan dibelahan bumi yang terkena pancarannya.
Nama lain shalat dhuha adalah shalat awwabin orang-orang arab menyebutnya sebagai shalat memohon taubat, shalat isyraq adalah shalat saat terbit matahari pengertiannya merujuk pada permulaan masuknya waktu shalat dhuhur.

"Demi matahari dan sinarnya pada pagi hari, demi bulan apabila mengiringinya, demi siang yang menampakkannya, demi malam apabila menutupinya, demi langit serta membinanya, demi bumi serta penghamparannya, demi jiwa serta penyempurnaannya, maka Dia mengilhamkan kepadanya kejahatan dan ketakwaannya, sungguh beruntung orang yang menyucikannya, dan sungguh rugi orang yang mengotorinya"(QS. As-Syams:1-10).

Berapa rakaat sih shalat dhuha itu?
Orang yang melakukan dua rakaat tercatat sebagai orang yang tidak lalai, orang yang melakukan empat rakaat sebagai ahli ibadah dan gemar melakukan hal-hal kebaikan, orang yang melakukan enam rakaat akan terjaga dari perbuatan dosa sepanjang hari itu, orang yang melakukan delapan rakaat tercatat sebagai orang-orang taat dan sukses, orang yang melakukan dua belas rakaat akan dibuatkan rumah indah didalam surga.

Nabi Muhammad saw bersabda,"Di dalam surga terdapat pintu yang bernama bab al dhuha (pintu dhuha) dan pada hari kiamat nanti ada  yang memanggil,'dimana orang yang senantiasa mengerjakan shalat dhuha?'inilah pintu kamu, masuklah dengan kasih sayang (rahmat) Allah".

Hukum shalat dhuha apa?
Para ulama Maliki dan Syafi'i menyatakan bahwa shalat dhuha hukumnya adalah sunnah muakkadah berdasarkan hadits-hadits diatas. Dan dibolehkan bagi seseorang untuk tidak mengerjakannya.

Keutamaan dan manfaatnya apa saja?
Muslim, Abu Daud dan Ahmad dari Abu Dzar bahwa Rasulullah saw bersabda,"Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab setiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh orang lain agar melakukan amal kebaikan adalah sedekah, melarang orang lain agar tidak melakukan keburukan adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu maka cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha."

Ahmad dan Abu Daud dari Buraidah bahwa Rasulullah saw bersabda,"Dalam tubuh manusia itu ada 360 ruas tulang. Ia harus dikeluarkan sedekahnya untuk tiap ruas tulang tersebut." Para sahabat bertanya,"Siapakah yang mampu melaksanakan seperti itu, wahai Rasulullah saw?" Beliau saw menjawab,"Dahak yang ada di masjid, lalu pendam ke tanah dan membuang sesuatu gangguan dari tengah jalan, maka itu berarti sebuah sedekah. Akan tetapi jika tidak mampu melakukan itu semua, cukuplah engkau mengerjakan dua rakaat shalat dhuha."

Didalam riwayat lain oleh Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairoh berkata,"Nabi saw kekasihku telah memberikan tiga wasiat kepadaku, yaitu berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, mengerjakan dua rakaat dhuha dan mengerjakan shalat witir terlebih dahulu sebelum tidur."

Doa Sesudah Shalat Dhuha:
ALLAAHUMMA INNADH-DHUHAA 'A DHUHAA 'UKA - WAL BAHAA 'A BAHAA
'UKA - WAL JAMAALA JAMAALUKA - WAL QUWWATA QUWWATUKA -
WALQUDRATA QUDRATUKA - WAL 'ISHMATA 'ISHMATUKA. ALLAAHUMMA IN KAANA RIZQII FIS-SAMAA 'I FA ANZILHU - WA IN KAANA FIL ARDI FA AKHRIJHU - WA IN KAANA MU'ASSARAN FA
YASSIRHU - WA IN KAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU - WA IN KAANA
BA'IIDAN FA QARRIBHU, BIHAQQI DHUHAA 'IKA, WA BAHAA 'IKA, WAJAMAALIKA, WA QUWWATIKA, WA  QUDRATIKA. AATINII MAA 'ATAITA 'IBAADAKASH-SHAALIHIIN.
ARTINYA:
"Wahai ALLAH, bahwasanya waktu Dhuha itu waktu Dhuha-MU - dan kecantikan adalah kecantikan-MU - dan keindahan adalah keindahan-MU - dan kekuatan adalah kekuatan-MU - dan kekuasaan adalah kekuasaan-MU - dan perlindungan itu adalah perlindungan-MU. Wahai ALLAH, jikalau rejekiku masih diatas langit, maka turunkanlah - Dan jikalau ada didalam bumi maka keluarkanlah - dan jikalau sukar maka mudahkanlah - dan jika haram maka sucikanlah - dan jikalau masih jauh maka dekatkanlah. Dengan berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan Dan kekuasaan-MU. Limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambamu yang shaleh ."
  http://ngerumpi.com/baca/2012/04/28/keajaiban-shalat-dhuha.html
Sumber:
http://www.sholat-dhuha.info/2011/04/menyingkap-rahasia-kekuatan-sholat.ht

0 komentar:

Poskan Komentar